TERIMA KASIH KUNJUNGAN ANDA DI WEBSITE PONDOK PESANTREN MODERN DARUL FALAH ENREKANG >>>> THANKS FOR YOUR VISITING ON DARUL FALAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL WEBSITE

Sabtu, 22 Juni 2013

Catatan Perjalanan 05 " Belajar Bahasa Arab Di Kampung Inggris 2013"

Kurniawan Jumadi (Peserta Kursus Bahasa Arab Di Pare Kediri)

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
pada pukul  01:00 kami sampai di pelabuhaan tanjung perak yang terdapat di kota surabaya. Setelah itu kami langsung ke tempat bus sedang kan bus tersebut udah jam 22:00 udah ad di pelabuhaan tersebut di karnekan sebelum kami sampai di pelabuhan.bus tersebut di beritahukan bahwah kami akan segera sampai di pelabuhan tersebut.
sesampainya di pelabuhaan kami langsung menuju ke tempat bus tersebut tapi saat kami mau sampai di bis tersebut aku kaget di karenakan ada seorang tua yang minta tolang kepada ku. " mas anak ku belom makan" kata orang tua tersebut
sedangkan saya sementara mencari uang di dalam tas ku tapi apalah daya uang ku beradah di dalam tas yang paling dalam dan ini juga bus agak terburu-buru dan sesampainya kami di bus kamipun langsung pergi dan akupun meyesal di karnakan aku ndak bisa menbantu orang tersebut sedangkan aku tahu bahwa kita seorang muslim harus menbantu orang yang minta bantuan kepada kita. Di atas bus aku duduk di samping Muhammad Arifin dan beberapa saat kemudian kamipun tertidur. Dan tiba waktu yang kami tunggu yaitu sampai di kampung inggris sekitar 05:30 ustas misran ,ustas adi warsito dan ibu andi langsunglah mereka ke tempat pemdaftaran yang di sebut office setelah itu aku pun terdiam sejenap tuk melihat teman-temanku yang udah di daftar di tempat tersebut akupun di tanya marwan bagaimana kalau di bahasa ingris saja akupun menjawab aku ndak mau ustas.


sekitar jam 06:00 akupun dan ustas misran mencari tempat kursusan bahasa arab tak lama kemudian kamipun mendapat tempat tersebut. Langsunglah ustas misran mendaftarkan aku ke tempat tersebut dan akupun di terima sebagai santrinya dan akupun langsung di perlihatkan tempat asramaku. Sampainya saya  di asrama akupun langsung menganti baju tuk persiapkan diri di karnakan kami akan masuk pada jam 08:00 dan ini yang pertama kalinya aku masuk di kursusan tersebut setelah itu kami di suruh satu per satu tuk perkenalkan diri dengan catatan harus mengunakan bahasa arab'
setelah itu kami langsung masuk kemateri  lama kemudian kamipun di ajak bermain agar materi yang di bahas tersebut cepat masuk atau cepat kami pahami permainan tersebut berupa teka teki tapi terleh dahulu kita harus menghafal mufradat tersebu di karenakan kalau kita ndak tau  atau ndak hafal mufradat kita ndak bisa jawab pertanyaan tersebut
Pas jam 09:30 kamipun di persilakan tuk pulang akupun meyusun buku ku ke dalam tasku. beberapa saat kemudian azanpun di kumandangkan oleh muazzin akupun begegas tuk memenuhi panggilan tersebut tapi herannya di antara azan dan iqma ada semacam nyanyian aku pun bingung di karenakan di pesantren ku yang aku cintai aku kami ndak pernah melaksanakan semacam tersebut akupun berpikir bahwah aku harus lebih banyak tau tentang masalah agama di karenakan agar aku ndak pusing tuk masalah tersebut pada bada isya aku menceritakan kepada ustas.
2 minggu kemudian pas kami akan berpisah kamipun foto bareng sebagai kenangan yang tak pasti kapan kita bisa foto lagi sedangkan kami lain-lain pulau ada yang dari papua ,sumatra.  kalimantaan. setelah itu kamipun berdoa bersama agar apa yang kami dapat kan di ocen ini agar bemanfaat baik tuk diri sendiri maupun tuk orang lain ' maaf aku baru ingat perkataan guru ku yaitu "bahasa arab itu tidak memerlukan kepintaraan tapi perlu 4 hal menurut imam al-gasali di antaranya yang pertama pendengaran mengapa di katakan pendegaran karena hal yang panling pertama adalah bagaimana cara kita agar bisa mengusai semua apa yang melalui pendegaran misalya kita selalu mendegar namun saya yakin apabila kalian selalu mendengar kalimat tersebut antum ndak bisa hilang dari ingatan kalian insya allah tu yang melalui pendegaraan yang kedua penglihatan di samping pendegaran ada juga penglihatan.
ingat bahwah cara belajar kita berbeda -beda ada yang melalui pendegaran adapun yang melalui penglihatan maka oleh sebab itu pergunakanla nikmat tersebut megapa saya mengatakan penglihatan karena kalau cuma pendegaran insya alloh cepat jhe di lupa.
  

Tidak ada komentar: