TERIMA KASIH KUNJUNGAN ANDA DI WEBSITE PONDOK PESANTREN MODERN DARUL FALAH ENREKANG >>>> THANKS FOR YOUR VISITING ON DARUL FALAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL WEBSITE

Sabtu, 21 Agustus 2010

'Profil Muballigh Muda'. Sebuah Harapan Dimasa Depan

Anak Gajah Mandi Di Sumur
Ambil Galah Dalam Perahu
Anak Muda Jangan Takabbur
Cobaan Allah Siapa Yang Tahu

Kalimat pantun yang terucap dari seorang anak usia 12 tahun menutup ceramahnya. Dia sedang mendapat tugas berceramah di masjid pada bulan ramadhan ini. Namanya Yulfaidil ba'da shalat ashar penulis panggil untuk kegiatan pada bulan ramadhan. Memakai baju koko warna putih, masih memakai celana sekolahnya tadi pagi yaitu celana prmauka dan memakai songkok bayi..semacam songkok haji yang terbuat dari bahan lentur warna putih, yang manjadi songkok favorit santri karena kemudahan pemakaian dan penyimpanannya. Yulfaidil adalah seorang santri di Pesantren Modern Darul Falah Enrekang yang memiliki kemauan masuk Pesantren bukan atas paksanaan orangtuanya. Sebelum menjadi santripun seringkali Yulfaidil terlihat di pesantren karena dua orang kakaknya juga mondok di tempat yang sama. Kakak pertamanya sedang duduk di kelas XI IPS SMA Darul Falah, sedangkan kakak ke duanya santri kelas IX M.Ts Darul Falah Enrekang dan Yulfaidil sendiri santri SMP Darul Falah kelas VII.
Berpembawaan mandiri, penuh kepercayaan diri tanpa ragu bahkan tahun pertamanya di pesantren Yulfaidil sudah masuk di Tim Rihlah Dakwah Ramadhan 1431 H yang jarang diberikan kesempatan bagi santri baru karena yang masuk Tim adalah hasil seleksi yang ketat. Lulus dari SD Lebang, sebuah kampung yang berada diseberang sungai yang berjarak sekitar 8 km dari pesantren ini sudah berceramah di beberapa masjid di kota Enrekang. Dua hari terakhir, Yulfaidil berceramah di Masjid Murul Huda dan Nurul Iman Enrekang. Ditemani Muh. Adam Pratama yang juga santri SMP Darul Falah yang berasal dari Siwa sebelum Subuh berjalan kaki berdua menuju ke masjid di Kota Enrekang untuk berceramah.
Ada materi ceramah favoritnya yang disenanginya yaitu ciri-ciri orang yang mempersekutukan Allah SWT dan Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Dengan lugas menjelaskan contoh-contoh perbuatan yang tergolong Amar Ma'ruf dan Nahi Munkar. Yufaisil menceritakan bahwa nanti malam tidak jadi berangkat bersama Tim karena diminta salah satu pengurus Masjid di Perumahan Guru SMP untuk mengisi pada ba'da Isya.
Itulah profil seorang 'muballigh muda' kita. Kalau diartikan muballigh muda artinya orang muda yang menyampaikan. Kalau dalam kamus besar bahasa Indonesia diartikan: “Orang yang menyampaikan agama Islam'. Ya, mudah-mudahan bertahan menempuh pendidikan di pesantren untuk belajar ilmu-ilmu agama disamping ilmu pengetahuan umum. Melihat era globalisasi sekarang ini /muballigh muda' menjadi harapan dalam upaya perbaikan moral masyarakat yang saat ini terdegradasi arus informasi dan komunikasi.

Tidak ada komentar: