TERIMA KASIH KUNJUNGAN ANDA DI WEBSITE PONDOK PESANTREN MODERN DARUL FALAH ENREKANG >>>> THANKS FOR YOUR VISITING ON DARUL FALAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL WEBSITE

Selasa, 23 Juni 2009

ALHAMDULILLAH, 100% LULUS


Di dalam Al Qur'an, telah ditegaskan bahwa tujuan keberadaan manusia adalah saling berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Yaitu, yang mempunyai andil dan partisipasi yang terbaik di dalam kehidupan dunia ini. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam QS. Al-Mulk ayat 2 berikut ini, " ( Al-ladzi khalaqa al Mawta wa al-Haya li yabluakum Ayyukum ahsani'amala) yang berarti :"Dialah zat yang mengadakan mati dan hidup, utnuk menguji siapakah di antara kalian yang terbaik perbuatannya".
Setiap individu pada tiap fase-fase tertentu pasti menghadapi sebuah ujian, dimana akan diketahui predikat kelulusan dari ujian tiap-tiap individu tadi. Secara gamblang disampaikan oleh Allah SWT dalam QS Al Baqarah ayat 155 " Dan sungguh akan Kami berikan ujian kepada kalian berupa ketakutan, kelaparan, kekuranagn harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang bisa bersabar, Yaitu, orang-orang yang jika diberi musibah, mereka berkata " Sesungguhnya kami milik Allah, Dan kepada Allah kami akan kembali"
Ujian Nasional yang barusan dilewati, sudah bisa diketahui hasil ujiannya. Ujian dari Allah melalui tangan manusia melalui BSNP dimana setiap santri/murid harus mengikuti ujian Nasional dengan persyaratan-paersyaratan tertentu untuk lulus.
Itu hal yang sangat wajar, demi kemajuan dan peningkatan kualitas SDM Indonesia, walaupun belum terlaksana secarea obyektif betul. Namun disitulah letakkanya ujian, BAGI SISWA dan Ujian BAGI GURU.
Formal pendidikan bagi siswa jelas harus menjadi peserta ujian, tetapi begi guru ujian yang berat bila secara institusi atau kelembagaan menghalalkan cara-cara tertentu untuk meluluskan santrinya/muridnya sehingga tingkat kelulusannya tinggi.
Disitulah letak ujian yang sesungguhnya bagi Guru-guru, secara kelembagaan maupun individu apakah percaya diri atau tidak !!
Tetapi Guru tidak bisa juga disalahkan, sebagian peserta yang kurang jujur memanfaatkan teknologi informasi komunikasi sehingga dapat memperoleh jawaban ujian entah dari mana tanpa sepengetahuan Guru !!!
Mudah-mudahan ke depan semua unsur lebih percaya diri lagi dan mempraktekkan teknis ujian sebagaimana ketentuan. Ketaatan dan kejujuran pada aturan perlu menjadi prioritas penanganan dan dicari solusi pembinaannya.
Santri Pesantren Modern Darul Falah Enrekang, Alhamdulillah untuk SMP. M.Ts dan SMA nya semuanya lulus 100%. Terlepas dari apakah mereka memperoleh jawaban dari luar atau yang lain, yang jelas santri telah diberikan bimbingan test sejak semester ganjil dengan kontinu dengan sisi kelebihan bahwa mereka tinggal di dalam kompleks/kampus dimana kegiatan 24 jam mereka bisa lebih terkontrol utamanya dalam keaktifan belajarnya.
Selamat sekali lagi bagi santri yang lulus, demikian juga selamat kepada para Guru yang telah membimbing dan memotivasi santri sehingga berhasil dalam fase peralihan dari SMP/M.Ts ke SMA dan fase SMA ke Perguruan Tinggi.
Gapai cita-citamu yang tinggi, untuk berkompetisi secara baik sehingga lebih partisipatif dan lebih bermanfaat bagi keluarga, nusa bangsa dan agama !!

Tidak ada komentar: